6 Langkah Mudah untuk Menjadi Blogger Produktif

Diposkan oleh Ihsan Nurul Iman pada Thursday, January 28, 2016


Ngeblog memang kegiatan yang mengasyikkan. Dengan ngeblog, kita dapat mengutarakan isi pikiran kita terhadap khalayak ramai. Bukan hanya itu, ngeblog juga dapat mengasah kemampuan menulis kita sehingga tak menutup kemungkinan kita akan menjadi penulis yang andal nantinya.

Tujuan ngeblog bagi tiap blogger tidaklah sama. Ada yang ngeblog untuk sekadar iseng, ada juga yang ngeblog untuk tujuan menghasilkan uang.

Bagi sebagian orang mungkin merasakan waktu untuk ngeblog semakin menipis karena diimpit kesibukan offline, seperti bekerja di kantor misalnya. Bila Anda serius mendalami kegiatan ngeblog, berikut beberapa tip untuk menjadi blogger yang produktif.

1. Hidangkan secangkir kopi sebagai pendamping ngeblog Anda

Saat ngeblog, Anda harus punya pikiran yang tenang serta tenaga yang memadai. Untuk tujuan tersebut, pastikan Anda menyuguhkan kopi sebelum memulai kegiatan ngeblog Anda. Mungkin hal ini terdengar sepele, namun sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan stamina menjadi prima. Tak hanya itu, kopi juga dapat menghilangkan stres.

2. Cegah gangguan

Tidak peduli setangkas apapun pekerjaan yang Anda lakoni, selama masih terdapat gangguan, maka pekerjaan Anda akan menjadi terbendung. Untuk mengatasi hal tersebut, sebelum memulai ngeblog, pastikan tidak ada gangguan yang mengancam jalannya kegiatan ngeblog Anda.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menanggulanginya:
  • Hindari kegiatan/acara yang kurang penting untuk dilaksanakan.
  • Saat sedang menulis postingan, matikan perangkat-perangkat lunak yang dapat menghambat aktivitas menulis Anda. Misalnya, koneksi Internet, video, obrolan online (chatting), dan lain sebagainya.
  • Katakan "saya sedang sibuk" apabila ada teman yang mengajak Anda bermain.
  • Beri label "Jangan diganggu + (alasan)" di pintu ruangan Anda.

3. Siapkan ide posting

Ide posting merupakan perihal penting. Jika suatu saat Anda kehabisan ide untuk menulis postingan, kegiatan ngeblog Anda akan menjadi terbengkalai. Solusi untuk menanggulangi masalah ini yakni dengan mengumpulkan ide posting sebanyak-banyaknya.

Bagaimana cara menggali ide posting? Ada dua hal mudah yang bisa Anda lakukan. Pertama, dengan menerapkan teknik brainstorming. Kedua, dengan menyontek postingan blog orang lain.

4. Tulislah konten untuk postingan semampunya saja

Saat menulis postingan, jangan paksakan diri Anda untuk memublikasikan postingan setiap hari. Hal ini dapat mengakibatkan konten yang Anda buat menjadi tidak berkualitas. Oleh sebab itu, tulislah konten untuk postingan Anda sedikit demi sedikit apabila tidak memungkinkan. Caranya dengan memilahnya menjadi beberapa bagian. Misalnya, tiap hari mengisi konten dalam postingan sebanyak 25 persen, maka dalam empat hari akan menjadi sebuah postingan utuh yang siap ditayangkan.

Artikel terkait: Pengertian dan Penjelasan SEO

5. Manajemen waktu

Salah satu kesalahan terbesar blogger adalah mengabaikan perihal ini. Padahal, manajemen waktu yang tepat adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Bagi Anda seorang blogger paruh waktu, Anda harus dapat membagi waktu bekerja di kantor (atau pekerjaan utama lainnya) dengan kegiatan ngeblog sehingga Anda bisa menjadi blogger produktif. Untuk tujuan tersebut, Anda dapat membuat jadwal mandiri sehingga kegiatan ngeblog berjalan lancar.

Contohnya:

06.00 - 07.00: Siap-siap berangkat ke kantor.
07.00 - 12.00: Pekerjaan di kantor dimulai.
12.00 - 13.30: Salat Zuhur dan istirahat. Pada sela-sela waktu ini, Anda dapat manfaatkan untuk kegiatan ngeblog, seperti mencari ide posting, menulis postingan, atau mengoptimalisasi blog.
13.30-16.00: Pekerjaan dimulai kembali.
Dan seterusnya...

6. Manajemen uang

Saat Anda menerima pemasokan dari kantor, sisihkanlah untuk keperluan ngeblog, sedikitnya satu sampai lima persen. Setelah terkumpul cukup banyak, uangnya dapat digunakan untuk menyewa jasa penulis artikel, jasa SEO, beriklan, dan lain-lain.

Dengan menerapkan keenam hal di atas, saya optimis Anda dapat menjadi blogger yang produktif!

{ 3 komentar... read them below or add one }

Hidup Adalah Perjuangan said...

Yang penting kalau nulis itu jadi diri sendiri saja teman. Apa adanya gitu. Terimakasih
menang BERSAMA

HLM Rent said...

Postingan anda sangat bermanfaat untuk sy yang memang membutuhkan untuk blog sy hlmrent.blogspot.com
salam sukses selalu..

Birra said...

Thank's infonya. sangan bermanfaat.Jangan lupa mampir ke blog saya masplan.blogspot.co.id. Salam sukses untuk semuanya

Post a Comment