7 Ide Peluang Usaha bagi Anda yang Mahir Bahasa Inggris

Diposkan oleh Ihsan Nurul Iman pada Friday, May 13, 2016

Anda cakap berbahasa Inggris? Jika ya, tak ada salahnya untuk memulai karier Anda terkait keahlian tersebut. Kabar baiknya, usaha-usaha yang berkolerasi dengan bahasa Inggris merupakan pekerjaan yang menjanjikan. Betapa tidak, saat ini mayoritas orang lebih menyukai bahasa Inggris ketimbang bahasa negeri mereka sendiri, termasuk di Indonesia. Dengan demikian, cakupan target bisnis Anda sangatlah luas.

Jadi, amat disayangkan bagi Anda yang piawai dalam berbahasa Inggris justru diam—menyia-nyiakan kesempatan emas ini. Padahal, Anda memiliki potensi besar untuk membuka usaha guna mendapatkan penghasilan tambahan atau justru menjadi penghasilan pokok Anda. Nah, untuk memulai semua itu, dalam postingan ini akan dipaparkan sejumlah ide peluang usaha bagi Anda yang ahli dalam bidang bahasa Inggris. Beberapa di antaranya bahkan dapat Anda lakukan tanpa perlu mengeluarkan modal.

Mari kita mulai…

7 Ide Peluang Usaha buat Anda yang Ahli Bahasa Inggris


#1. Menjadi Guru Bahasa Inggris

Guru merupakan profesi panutan bagi seluruh umat manusia. Banyak ilmu yang kita “curi” dari mereka. Seperti yang diketahui, untuk menggapai kesuksesan diperlukan tonggak dasar sebagai pendorong guna menjadi pribadi yang lebih baik. Nah, tonggak dasar tersebut dapat kita peroleh lewat belajar bersama guru-guru di sekolah.

Berangkat dari situ, mengapa tidak mencoba menjadi guru saja?  Lebih-lebih jika Anda sudah memiliki pengalaman mengajar. Ilmunya ada, pengalamannya ada, fisik pun matang. Jika dari segi materi sudah memadai, tinggal menyiapkan mental Anda saja untuk mengasuh peserta didik dengan bijak.

#2. Mengikuti/Membuka Bimbel Khusus Bahasa Inggris

Ragu-ragu dengan profesi guru? Atau justru ditolak menjadi guru? Anda tak perlu cemas. Anda dapat mengajukan diri menjadi pengajar Bahasa Inggris di lembaga bimbingan belajar (bimbel). Tak hanya mengajukan diri, jika Anda piawai dalam berbisnis, Anda pun dapat membangun bimbel mandiri. Selain memperoleh keuntungan lebih, membangun bimbel mandiri juga fleksibel waktu dan tenaga karena Anda dapat mempekerjakan karyawan untuk mangajar para peserta didik.

#3. Mengadakan Kursus Bahasa Inggris secara Online

Selain daripada membangun bimbel, Anda juga dapat membuka kursus bahasa Inggris secara online melalui komputer Anda. Selain menguntungkan, Anda juga tak perlu lagi menguras tenaga dengan mengajar peserta didik satu-persatu. Di kursus online, yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat materi pembelajaran—baik itu berupa video, audio, atau teks—lalu ajaklah peserta didik untuk bergabung di kursus online tersebut dan lampirkan materi yang telah Anda buat.

Sebagai gambaran buat Anda, ada salah satu situs kursus online yang cukup ternama. Sebut saja Lingoda. Mereka memberikan layanan pembelajaran Bahasa Inggris dari pengajar-pengajar berkualitas lewat media sosial (chat).

Lingoda, salah satu kursus online ternama.

#4. Menyediakan Jasa Penerjemahan

Bila Anda ahli dalam dua bidang bahasa sekaligus—entah itu Inggris-Indonesia, Inggris-Belanda, dan lainnya—maka sepertinya profesi jasa penerjemahan ini amat cocok bagi Anda. Cobalah mulai membuka jasa penerjemahan Anda lalu promosikan di berbagai media. Kalau pelanggan puas, berarti profesi ini memang pas buat Anda.

#5. Menjual Buku Mandiri

Anda gemar menulis dan hendak menghasilkan uang lewat aktivitas tersebut? Jika ya, salah satu caranya adalah dengan menjadi penulis buku. Karena Anda mahir dalam berbahasa Inggris, maka Anda boleh menggunakan penulisan dalam kaidah bahasa Inggris.

#6. Menyediakan Jasa Penulis Artikel

Bagi Anda yang masih bimbang dengan menjadi penulis buku, atau memang belum mempunyai waktu luang untuk membuatnya, Anda tak perlu khawatir. Anda pun tetap dapat menghasilkan uang lewat kegiatan tersebut dengan cara menyediakan jasa penulisan artikel

Untuk mengetahui kiat-kiat membangun jasa penulis artikel, Anda dapat menyimak postingan Cara Menghasilkan Uang dengan menjadi Penulis Artikel.

#7. Membuat Blog/Website (Berbahasa Inggris)

Blog/website merupakan ajang di mana seseorang dapat menebarkan wawasannya terhadap para pembaca. Selain menjadi ajang menebar wawasan, blog/website juga acapkali dipergunakan sebagai mesin pencetak uang.

Nah, bagi Anda yang gemar dengan aktivitas tulis-menulis, selain menyajikan jasa pembuatan artikel dan menerbitkan buku, tak ada salahnya untuk mencoba membuat blog berbahasa Inggris. Selain mendapatkan income lebih, membangun blog/website juga dapat melatih ketangkasan kita dalam menulis.

Itulah tujuh ide peluang usaha bagi Anda seorang pakar bahasa Inggris. Dari uraian di atas, adakah usaha yang pernah Anda coba? Jika ada, ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment